Organisasi adalah kumpulan manusia yang bekerja
bersama dalam sebuah naungan untuk mencapai satu atau tujuan kelompok tersebut.
Dalam mencapai tujuan dari sebuah organisasi, tentunya perlu diadakan
musyawarah antar anggota yang disertai dengan pengambilan keputusan dari
pilihan yang terbanyak dan terbaik dari semua anggota. Dalam pengambilan
keputusan di dalam organisasi sendiri selalu ada faktor-faktor yang
mempengaruhi, baik itu faktor internal, maupun faktor eksternal. Ada 5 tipe
pembuatan keputusan yaitu, pembuat keputusan bertipe ideal, pembuat keputusan
bertipe receptive, pembuat keputusan bertipe exploitative, bertipe hoarding dan
bertipe marketing.
Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi
pengambilan keputusan :
-
Adanya pengaruh tekanan dari luar. Terkadang anggota dari organisasi
merasa iri dengan organisasi lain, sehingga dengan berbagai cara anggota
lain menyarankan sesuatu kepada sebuah organisasi demi kepentingan
sendiri.
-
Adannya pengaruh kebiasaan lama atau
sifat-sifat pribadi. Setiap anggota memiliki karakter yang berbeda, dan
sang pengambil keputusan bisa saja mengambil opini yang cocok dengan
karakternya sendiri.
-
Pengaruh dari kelompok lain. Bersaing itu pasti, sehingga membuat
sebuah organisasi cenderung melihat ke organisasi yang lain. Baik atau
buruk dari organisasi lain bisa menjadi pelajaran bagi sebuah
organisasi.
- Faktor pengalaman. Pengalaman adalah guru terbaik.
Semakin banyak pelajaran dari pengalaman anggota, maka besar kemungkinan keputusan yang dibuat akan lebih bijaksana.
Pertanyaan :
1.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam organisasi!
Jawab : Ada 3 faktor yang mempengaruhi dalam
pengambilan keputusan, yaitu kematangan individu, voting, musyawarah dan
mufakat sangat diperlukan.
2 Dalam tipe Marketing, jelaskan aplikasinya dan
bagaimana caranya?
Jawab : Sipembuat keputusan yang berdasarkan
orientasi pada kesempatan keputusan ,ia fokus untuk mendapatkan suatu
keputusan. Contoh aplikasinya yaitu Moboginie. Moboginie mengeluarkan marketing
bentuk topi putih dan topi hitam. Tujuannya memasarkan iklan dan moboginie termasuk
software opensoure.
3.
Contoh Tipe Pemeras dalam organisasi !
0 komentar :
Posting Komentar