Kamis, 27 November 2014

Resume Kelompok 3 - Proses yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan dalam Organisasi

Organisasi adalah kumpulan manusia yang bekerja bersama dalam sebuah naungan untuk mencapai satu atau tujuan kelompok tersebut. Dalam mencapai tujuan dari sebuah organisasi, tentunya perlu diadakan musyawarah antar anggota yang disertai dengan pengambilan keputusan dari pilihan yang terbanyak dan terbaik dari semua anggota. Dalam pengambilan keputusan di dalam organisasi sendiri selalu ada faktor-faktor yang mempengaruhi, baik itu faktor internal, maupun faktor eksternal. Ada 5 tipe pembuatan keputusan yaitu, pembuat keputusan bertipe ideal, pembuat keputusan bertipe receptive, pembuat keputusan bertipe exploitative, bertipe hoarding dan bertipe marketing.
Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi pengambilan keputusan :
- Adanya pengaruh tekanan dari luar. Terkadang anggota dari organisasi merasa iri dengan organisasi lain, sehingga dengan berbagai cara anggota lain menyarankan sesuatu kepada sebuah organisasi demi kepentingan sendiri.
- Adannya pengaruh kebiasaan lama atau sifat-sifat pribadi. Setiap anggota memiliki karakter yang berbeda, dan sang pengambil keputusan bisa saja mengambil opini yang cocok dengan karakternya sendiri.
- Pengaruh dari kelompok lain. Bersaing itu pasti, sehingga membuat sebuah organisasi cenderung melihat ke organisasi yang lain. Baik atau buruk dari organisasi lain bisa menjadi pelajaran bagi sebuah organisasi.
- Faktor pengalaman.  Pengalaman adalah guru terbaik. Semakin banyak pelajaran dari pengalaman anggota, maka besar kemungkinan keputusan yang dibuat akan lebih bijaksana.
Pertanyaan :
1.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam organisasi!
Jawab : Ada 3 faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan, yaitu kematangan individu, voting, musyawarah dan mufakat sangat diperlukan.
2 Dalam tipe Marketing, jelaskan aplikasinya dan bagaimana caranya?
Jawab : Sipembuat keputusan yang berdasarkan orientasi pada kesempatan keputusan ,ia fokus untuk mendapatkan suatu keputusan. Contoh aplikasinya yaitu Moboginie. Moboginie mengeluarkan marketing bentuk topi putih dan topi hitam. Tujuannya memasarkan iklan dan moboginie termasuk software opensoure.
3.      Contoh Tipe Pemeras dalam organisasi !
Jawab : Contohnya yaitu VOC. Karena VOC membuat sebuah jalan dari Anyer samapi ke Panarukan yang dibuat di indonesia,tetapi dalam pembuatan jalan tersebut pekerja tidak diberi makan dan minum dan mereka bekerja secara paksa. Tipe ini adalah salah satu contoh yang membuat ide dan berusaha mendapatkan dari pihak lain dengan cara yang tidak baik.

0 komentar :

Posting Komentar