Kamis, 27 November 2014

Resume Kelompok 4 - Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi adalah penyaluran informasi dari sebuah sumber ke sebuah wadah. Komunikasi sangatlah penting untuk seseorang, apalagi dalam suatu organisasi. Dengan adanya komunikasi, sebuah organisasi dapat lebih mudah mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai serta dapat digunakan untuk memahami karakter tiap anggotanya. 

Komunikasi dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu verbal dan non-verbal. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan. Sedangkan komunikasi non-verbal adalah komunikasi yang dilakukan tanpa lisan seperti sebuah surat. Komunikasi dalam suatu organisasi tidak selalu berjalan dengan baik dan sesekali mengalami hambatan. Hambatan-hambatan yang terjadi di dalam komunikasi tidak lain adalah karena anggotanya yang masih tertutup akan isi hati dan pikirannya. Inilah tugas dari tiap anggota untuk menengahinya agar bisa saling memahami satu sama lainnya.
Pertanyaan :

1.      Dalam organisasi pasti ada yang aktif dan pasif. Bagaimana cara komunikasi antara yang aktif dan pasif itu bisa menjadi lancar ?
Jawab :  Didalam suatu organisasi itu kita harus melakukan musyawarah untuk bisa saling bertukar pikiran. Caranya yang aktif tersebut merangkul yang pasif tersebut agar yang pasif itu bisa menjadi aktif. Salah satunya dengan membuat suatu event agar organisasi itu bisa saling bekerjasama.
2.      Jenis-jenis komunikasi yang paling efisien !
Jawab : Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara langsung tanpa adanya perantara.
3.      Sebutkan jaringan komunikasi yang paling efisien untuk diterapkan !
Jawab : Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara langsung tanpa perantara.
4.      Cara memecahkan masalah hambatan komunikasi dalam organisasi !
Jawab : Mengatasi dengan umpan balik, penerima harus mengetahui latar belakangnya, dan susun informasi secara rinci.
5.      Upaya agar organisasi itu bisa menjadi lebih eksis dan mampu menjalankan fungsinya secara optimal !
Jawab : Dalam suatu organisasi harus bisa berkomunikasi dengan baik salah satunya komunikasi antara atasan dengan bawahannya. Kalau komunikasinya baik otomatis organisasi itu akan tetap eksis.
6.      Contoh kasus masalah komunikasi dalam kehidupan sehari-hari !
Jawab :Contoh kasusnya ada salah satu perusahaan yang meminta atasannya agar perusahannya maju kembali. Salah satunya intansi IBM, intansi ini nonaktif dalam produksi, ia meminta masukkan agar instansi itu bisa berdiri kembali dan menjadi aktif lagi.
7.      Faktor utama yang menghambat suatu komunikasi dalam organisasi !
Jawab : Didalam suatu organisasi pasti ada saja hambatannya. Faktor utama yang menghambat suatu komunikasi dalam organisasi yaitu faktor manusiawi dan faktor emosional.

0 komentar :

Posting Komentar